7 Tips Baik, Sehat dan Aman Menonton Televisi, No 4 Kadang Lupa!

Anak menonton TV img by google


Tips Sehat dan Aman Menonton Televisi | Menonton televisi atau TV adalah kegiatan yang menyenangkan , menonton televisi/TV bukan hanya sebagai hiburan belaka saat ini melainkan juga mempunyai beberapa alasan dan manfaat menonton televisi, antara lain :
  1. Sebagai media hiburan
  2. Agar tidak ketinggalan informasi
  3. Sebagai media pendidikan
  4. Relaksasi dan menghilangkan stress
  5. Untuk memuaskan hobi
  6. Sebagai output untuk kamera keamanan atau CCTV
  7. Mempererat persaudaraan(nonton bareng)
Disamping berbagai manfaat menonton televisi diatas, menonton TV/Televisi harus diimbangi dengan cara manonton TV/Televisi baik itu TV LED, TV Tabung maupun monitor TV, agar tidak mengganggu kesehatan kita, bagaimanapun dimanapun kegiatan apapun kesehatan adalah hal yang utama yang harus diperhatikan, agar tetap sehat kita juga harus mengikuti cara aman menonton TV yang baik untuk kesehatan seperti kesehatan mata dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.


Tips Aman Menonton Televisi!

Berikut kami coba mengulas hal hal apa saja yang harus diperhatikan sebagai tips yang baik, aman dan wajib anda ketahui saat menonton TV LED dan TV Biasa/Tabung baik dari segi jarak menonton televsi, tinggi, lama waktu yang dianjurkan pada saat menontoon Televisi.


Tips Yang Aman Disaat Menonton Televisi

1. Jarak Aman Menonton Televisi


Jarak menonton TV berpengaruh terhadap kesehatan terutama kesehatan mata adalah yang pertama harus diperhatikan , berikut rumusan jarak aman menonton TV yang baik dan sehat sesuai standar kesehatan yang berlaku secara internasional.

Rumus: Jarak diagonal layar dikali 5.
Jarak diagonal/silang layar adalah jarrak antara ujung TV kanan-atas dengan ujung kiri-bawah

Namun anda tidak perlu repot repot mengitung dengan rumus tersebut, berikut kami simpulkan untuk jarak aman menonton televisi untuk berbagai ukuran layar :


  1. TV 14 Inc Jarak amannya 1,78 meter 
  2. TV 17 Inc Jarak amannya 2,16 meter 
  3. TV 19 Inc Jarak amannya 2,30 meter 
  4. TV 20 Inc Jarak amannya 2,54 meter 
  5. TV 21 Inc Jarak amannya 2,67 meter 
  6. TV 24 Inc Jarak amannya 3,05 meter 
  7. TV 29 Inc Jarak amannya 3,67 meter 
  8. TV 32 Inc Jarak amannya 4,07 meter 
  9. TV 50 Inc Jarak amannya 6,35 meter 

2. Tinggi Yang Baik Televisi


Tinggi ideal untuk menonton televisi adalalah sejajar dengan pandangan mata seorang yang menonton, bila pposisi televisi terlalu tinggi atau rendah dapat berpengarunh terhadap kenyamanan dan kesehatan mata dan leher anda.


3. Lama Waktu Menonton Televisi

Jika badan anda sudah merasa lelah, sebaiknya tidur ! Memaksakan menonton televisi lebih dari 2 jam  dapat mengganggu kesehatan anda , dan berakibat pada masalah kesehatan seperti jantung, kesehatan mata, psikologis, dan lainnya lebih dari 11 macam masalah kesehatan anda.



4. Menonton Televisi Dimalam Hari

Ilustrasi Nonton TV Ngantuk
Menonton televisi hingga larut malam (bergadang) adalah suatu hal yang sangat tidak dianjurkan, selain gangguan kesehatan, rasa malas setelah bangun akibat bergadang juga dapat menjadi masalah dan mengganggu kegiatan esok hari anda.





5. Menonton TV Disaat Hujan

Sebenarnya menonton televisi disaat hujan tidak masalah, yang jadi masalah adalah resiko TV tersambar petir saat terjadi hujan bercampur petir, akan lebih baik jika hujan hari ini berpotensi petir sebaiknya cabut semua jack yang terhubung ke perangkat lain seperti antena, plugin listrik pln dan lainnya.


6. Kecerahan TV


Mata akan cepat merasa lelah atau bahkan sakit jika kita memelototi layar televisi dengan tingkat kecerahan tinggi, sebaiknya anda mengatur mode tampilan yang lebih soft dan adem dimata menggunakan menu pada remot televisi yang tersedia.


7. Berkedip

Seringlah kedipkan mata anda saat menonton TV untuk menghindari kekeringan dan melumasi mata anda.



Itulah ulasan kami tentang Tips Sehat Menonton Televisi semoga barmanfaat...Jika anda memiliki tips lainnya silahkan tinggalkan dikomentar atau kirim tips anda via menu contact us disini

Jangan sungkan pula untuk share artikel ini dan saling berbagi kebaikan dengan temanmu di FB,Twitter, Kontak chat, dan sebagainya, atau anda juga dapat savepage halaman ini untuk dibaca secara online/offpage.

Good Luck! Thanks To Google!
(mh)