Cara Memilih dan Merawat Sepatu Bola Yang Bagus Biar Awet dan tidak cepat rusak


Sepatu Bola keren
Apakah kamu sekarang ini lagi bingug meu beli sepatu bola yang bagu dan awet?
Berikut saya sampaikan beberapa tips memilih sepatu bola yang bagus dan semoga awet berdasarkan pengalaman saya!

Tips Memilih Sepatu Bola Yang Bagus! 


  1. Bahan Sepatu : berdasarkan pengalaman saja kalau urusan sepatu bola yang paling saya cari terlebih dahulu adalah bahan dari sepatu bola tersebut dalam urusan ini saya lebih senang untuk memilih bahan luar sepatu yang terbuat dari sintetis bukan kulit sintetis beda lho antara bahan sintetis dan kulit sintetis ada juga sepatu bola yang berbahan kulit asli.
  2. Ukuran sepatu : Untuk ukuran sepatu saya memilih yang pas saja biasanya ukuran sepatu normal dikurangi satu sebagai contoh jika sepatu biasa saya menggunakan ukuran 41 maka sepatu yang saya akan beli adalah ukuran 40, biar apa biar kalau dipake lebih enak dan seret.
  3. Merk Sepatu bola : Merk sepatu juga patut diprioritaskan biasanya merk sepatu yang bagus cenderung lebih mahal daripada merk biasa atau abal abal dan kw.
Sepatu bola berbahan sintetis

Dan setelah anda mengetahui keterangan diatas tentang cara memilih sepatu bola yang bagus, dan tips selanjutnya adalah cara merawat sepatu bola yang benar dan biar awet!

     Bagaimana sih cara merawat sepatu bola biar awet?
    Mungkin itu adalah pertanyaan anda sebagai seorang pemain sepak bola atau yang sekedar hobi bermain sepak bola, yang sering gonta ganti sepatu bola karena cepat rusak.
    Emm langsung saja deh :

    Cara merawat sepatu bola biar awet:

    1. Yang pertama adalah selalu kondisikan sepatu anda tetap bersih setelah pemakaian, gunakan lap halus dan sedikit basah untuk membersihkan bagian luar sepatu termasuk pull.
    2. Jika sepatu bola anda sengatlah kotor dan bau cucilah sepatu bola anda tanpa menggunakan deterjen dan sabun dsb, cukup dengan air jernih.
    3. Jangan menggunakan sikat, karena dikhawatirkan akan merusak permukaan luar sepatu bola anda, tapi kalau untuk bagian pull bawah gapapa.
    4. Cuci sepatu bola anda kemudian tiriskan terlebih dahulu sampai kadar airnya berkurang (kesat=bahasa jawa). biar saat dijemur cepat kering, kalo saya biasanya mencuci sepatu bola pada sore hari kemudian menjemur pada pagihari sekitar 3-4jam.
    5. Jangan menjemur sepatu bola anda terlalu lama dan itu juga cukup berpengaruh pada keawetan sepatu bola jika terlalu lama menjemur dibawah sinar matahari langsung.
    6. sol sepatu bola anda ke pada tukang sol sepatu jika dibutuhkan juga untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada jenis kerusakan kecil, manfaat mengesol sepatu bola adalah untuk memperkuat penempelan kulit sepatu dengan pull biar awet dikarenakan lem yang tidak kuat (rekomendasi kalau mengesol sepatu bola menggunakan senar raket atau senar pancing yang besar bukan senar yang kecil)

    masalah yang sering trjadi terhadap sepatu bola yang cepat rusak adalah robek pada bagian depan, samping pada permukaan lapisan luar, dan berikut macam macam kerusakan yang sering terjadi padasepatu bola anda yang cepat rusak:

    Sepatu rusak dan robek

    Penyebab:
    • Lem pada sepatu kurang kuat, solusinya adalah dibawa ke tukang sol sepatu untuk dilem ulang dan disol (direkomendasikan biar awet gunakan benang sol sepatu dari senar)
    •  Bahan lapisan luar kurang kuat, hal ini sering terjadi pada sepatu bola berbahan kulit sintetis. solusinya adalah jangan mengikat tali sepatu terlalu kencang, hati hati kalau menendang diusahakan jangan mengenai tanah lapangan saat menendang, kalau menendang bola dengan kaki dalam usahakan pengenaanya pada kulit sepatu bukan antara (pul sepatu dan kulit), atau pull sepatu bagian samping.
    •  Menggunakan sepatu saat kondisi basah atau hujan hujan hujanan juga mempengaruhi proses kerusakan pada sepatu hal yang terjadi biasanya adalah lepasnya bagian upper sepatu bola denga pull sepatu, solusinya jangan melakukan pergerakan yang cukup banyak saat kondisi sepatu basah dan hati hati.

    Sekian postingan saya tentang  Cara Memilih dan Merawat Sepatu Bola Yang Bagus Biar Awet dan  tidak cepat rusak dan semoga bermanfaat.





















    •